Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Test Kecepatan WIFI Paling Akurat 2023

test kecepatan wifi
Sumber: Youtube.com

Test Kecepatan Wifi. Melakukan pemeriksaan kecepatan wifi secara teratur sangat penting untuk memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan tetap stabil dan cepat. Hal ini dapat membantu pengguna untuk menghindari masalah seperti koneksi internet yang lemot akibat gangguan cuaca atau perbaikan jaringan pada provider. Sehingga pengguna dapat tetap produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari yang memerlukan koneksi internet yang lancar.

Jika kalian mencurigai terjadi gangguan pada koneksi wifi, sebaiknya melakukan pemeriksaan kecepatan terlebih dahulu. Namun, tidak semua pengguna paham tentang cara melakukan tes kecepatan wifi. Oleh karena itu, ada beberapa metode yang mudah dan praktis yang dapat digunakan untuk melakukan test kecepatan wifi, baik melalui perangkat HP maupun laptop.

Panduan Cara Test Kecepatan Wifi Mudah dan Cepat

test kecepatan wifi
Sumber: Youtube.com

Kami menyediakan beberapa situs dan juga aplikasi yang bisa membantu kalian untuk mengecek kecepatan wifi, dengan satuan Mbps, baik melalui perangkat HP maupun laptop. Dengan menggunakan situs web atau aplikasi tersebut, kalian dapat dengan mudah mengetahui kecepatan koneksi internet pada jaringan wifi yang sedang digunakan.

1. SpeedSmart

Aplikasi dan situs web bernama SpeedSmart merupakan salah satu cara terbaik untuk mengecek kecepatan wifi. Banyak pengguna yang memilih SpeedSmart karena hasil tesnya yang cepat serta akurat, terutama karena aplikasi ini menggunakan teknologi HTML5 ketika pengoprasiannya. 

Selain itu, SpeedSmart juga dapat memberikan informasi detail tentang kecepatan unduhan, upload, server IP, serta provider yang digunakan. Jika ingin menggunakan SpeedSmart, kalian dapat mengunjungi situs web mereka dan klik "Start Test" untuk memulai test kecepatan wifi.

2. Speedtest.Net

Speedtest.Net merupakan salah satu situs web terkenal untuk melakukan test kecepatan wifi. Selain kepopulerannya, cara penggunaan situs ini juga sangat mudah dan hasil tesnya cukup akurat. 

Jika ingin menggunakan Speedtest.Net, kalian dapat mengakses situs resminya melalui browser. Setelah halaman terbuka, klik tombol "Go" dan tunggu beberapa saat. Setelah selesai, hasil tes akan muncul termasuk kecepatan dalam Mbps, serta kecepatan unduh dan unggah.

3. Fast.com

Fast.com merupakan situs cek kecepatan wifi yang dimiliki oleh layanan streaming Netflix. Situs ini menyediakan layanan yang gratis dan mudah digunakan. 

Untuk menggunakannya, kalian cukup mengunjungi situs resminya melalui perangkat HP atau laptop, dan situs akan melakukan test kecepatan wifi secara otomatis tanpa perlu memilih opsi apa pun. 

Selain itu, Fast.com juga memiliki fitur yang dapat mendeteksi IP publik dari pengguna, kecepatan unggah, dan kecepatan download.

4. Meter.net

Meter.net adalah situs web lain yang dapat digunakan untuk memeriksa kecepatan dari wifi dengan cepat. Hanya memerlukan waktu 30 detik saja, hasil tes akan muncul secara instan. 

Situs ini sangat mudah digunakan, kalian hanya perlu mengakses situs resminya, klik tombol "Start", dan hasil tes akan langsung muncul.

5. Internet Speed Meter Lite

Jika ingin mengecek kecepatan wifi menggunakan aplikasi Internet Speed Meter Lite, kalian harus mendownload terlebih dahulu aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi Internet Speed Meter Lite, kalian akan mendapatkan informasi dari kecepatan wifi yang kalian gunakan secara realtime dengan mudah dan cepat. 

Informasi tersebut akan muncul pada notifikasi bar pada HP atau laptop, sehingga kalian dapat memantau kecepatan wifi dengan lebih mudah tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Dengan cara ini, kalian bisa dengan mudah mengecek kecepatan wifi pada HP atau laptop dengan hasil yang akurat.

6. Open Speed Test

Open Speed Test adalah situs yang dapat digunakan untuk melakukan test kecepatan wifi yang terpercaya. Selain mengukur kecepatan unduh dan unggah, situs ini juga dapat mengukur jitter serta ping suatu jaringan. 

Untuk cara mengecek kecepatan wifi melalui situs ini, cukup kunjungi website resminya dan klik tombol "Play" untuk memulai pengujian kecepatan wifi. Hasilnya akan muncul setelah beberapa saat.

7. Bandwidthplace

Terakhir ada Bandwidthplace yang merupakan salah satu situs yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian kecepatan wifi. Pengguna dapat mengunjungi laman resminya, dan memulai pengujian dengan menekan tombol "Start".

Dengan adanya fitur untuk memilih lokasi dan mendeteksi provider, Bandwidthplace dapat memberikan hasil pengukuran kecepatan wifi yang lebih akurat dan relevan dengan penggunaan internet yang dilakukan di daerah dan provider yang digunakan pengguna.

Bahmaamu telah memberikan tujuh pilihan untuk cara test kecepatan WiFi Anda melalui HP dan laptop. Kalian dapat memilih situs web atau aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba. 

Post a Comment for "7 Cara Test Kecepatan WIFI Paling Akurat 2023"