Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Recovery Data yang Terhapus Permanen Yang Layak Dicoba

aplikasi recovery data
Sumber: Youtube.com

Aplikasi Recovery Data. Kebanyakan orang merasa sangat takut jika data mereka terhapus tanpa sengaja, dan dalam situasi tersebut, diperlukan suatu aplikasi recovery data untuk mengembalikannya. 

Fungsi utama dari software ini adalah untuk memulihkan data agar bisa muncul kembali akibat terhapus karena kecerobohan sendiri maupun akibat dari faktor lain.

Berikut adalah beberapa aplikasi recovery data yang kami rekomendasikan yang dapat membantu Anda yang filenya terhapus untuk dipulihkan kembali.

Rekomendasi Aplikasi Recovery Data

aplikasi recovery data
Sumber: Youtube.com

Pandora Recovery

Dikenal sebagai salah satu aplikasi recovery data terbaik dan efektif, Pandora Recovery menawarkan banyak fitur yang berguna. 

Salah satu kelebihan Pandora Recovery adalah sebagai aplikasi portable yang tidak akan membebani ruang di harddisk. Namun, aplikasi ini masih memerlukan peningkatan dalam hal pendeteksian data yang terhapus.

Recuva

Dikatakan bahwa Recuva merupakan satu diantara aplikasi recovery data terbaik yang pernah ada. Software ini mampu memulihkan berkas yanh sudah terhapus dari hardisk, kartu memori, dan bahkan penyimpanan eksternal.

Recuva juga dikenal mampu mengembalikan data dari disk yang mengalami kerusakan, meskipun tidak sepenuhnya.

Jika Anda ingin mengembalikan hampir seluruh berkas yang telah terhapus, maka Recuva dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tersedia versi gratis dari software ini, namun juga tersedia versi berbayar dengan fitur yang dihadirkan lebih banyak.

EaseUS Data Recovery Wizard Free

Ada sebuah aplikasi recovery data bernama EaseUS Data Recovery Wizard Free besutan dari developer sofware ternama EaseUS. Aplikasi ini layak dicoba sebab menawarkan berbagai fitur yang berkualitas.

Software pengembali data ini bisa Anda gunakan gratis dengan kemampuan yang andal disituasi tersebut. Dengan software ini, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus atau hilang akibat terformat, sistem operasi yang rusak, maupun akibat virus.

Jika Anda kurang puas dengan versi gratisannya, Anda bisa berlangganan versi premiumnya dengan fitur yang lebih banyak dan lengkap.

PC Inspector File Recovery

Aplikasi berikutnya ini mendukung pengerjaan pada penyimpanan FAT serta NTFS. Bukan cuma itu, PC Inspector File ini juga mampu bekerja dengan bahkan ketika sector boot sudah terhapus atau rusak.

Namun, pada bagian interfacenya penggunaan software ini agak sedikit membuat bingung dan tidak terstruktur dengan baik, sehingga perlu kehati-hatian dalam penggunaannya.

Agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik, Anda harus menjalankannya melalui "Run as Administrator".

Wise Data Recovery

Anda dapat menggunakan Wise Data Recovery, sebuah software gratis untuk mengembalikan data yang hilang baik itu karena terhapus atau terformat. Meskipun tak selalu sukses secara keseluruhan, namun persentase data yang bisa kembali lagi akibat terhapus terbilang besar. 

Wise Data Recovery juga dilengkapi dengan fitur yang menunjukkan kondisi data yang sukses dipulihkan, dari yangbpaling bagus "Good", sampai yang paling buruk "Very Poor", bahkan "Lost" jika memang data tersebut tidak bisa dipulihkan. Jadi andaikata Anda memperoleh keterangan "Good" pada suatu file, itu menandakan kemungkinan besar file tersebut dapat dipulihkan.

TestDisk

Test Disk adalah aplikasi yang kami rekomendasikan Selanjutnya, dan wajib Anda jajal. Dengan kehandalan yang tidak kalah dari aplikasi recovery data sebelumnya ini, Anda bisa memulihkan data-data yang terhapus dengan cepat.

Software ini adalah tipe open source yang selain digunakan untuk mengembalikan data yang sudah hilang, tapi juga digunakan untuk memulihkan dan memperbaiki partisi serta disk nonbooting.

Tak cuma itu dengan kemampuannya Software ini pun bisa mengatasi permasalahan hard disk, misalnya “unallocated partition” maupun RAW partisi pada Disk Management operasi Windows.

Untuk sistem operasi, bukan hanya windows saja yang bisa di atasi oleh software ini, tetapi berbagai sistem operasi lain pun bisa.

Stellar Data Recovery

Anda dapat menggunakan Stellar Data Recovery, sebuah aplikasi pemulih data yang mampu memulihkan data pada PC atau laptop dengan baik. Aplikasi ini bisa dipakai pada Windows dan Mac.

Jika Anda memerlukan aplikasi untuk memulihkan file yang hilang, Stellar Data Recovery dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Undelete 360

Undelete 360 merupakan salah satu software terbaik untuk memulihkan data hilang akibat terhapus, dengan sengaja atau tidak sengaja. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan  file dari berbagai jenis media penyimpanan, termasuk memori smartphone. 

Selain itu, Anda dapat dengan mudah untuk menemukan file dari lebelnya seperti aplikasi, gambar, dokumen, dan yang lainnya. 

Terdapat pula beberapa fitur tambahan diantaranya fitur pencarian, tampilan preview file, dan yang lainnya.

PhotoRec

PhotoRec diakui secara luas karena kemampuannya dalam melakukan pemulihan data.  Aplikasi ini dapat memulihkan jenis-jenis file, dari harddisk, kartu memori, flashdisk diantaranya dokumen, gambar dan video atau yang lainnya. Karena aplikasi ini tidak mempunyai GUI maka tidak disarankan untuk pemula.

Glary Undelete

Glary Undelete adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan dan menarik, terutama karena mempunyai tampilan folder yang mirip dengan Windows Explorer dan memberikan informasi detail tentang file yang dapat dipulihkan. Ini adalah salah satu keuntungan dari aplikasi ini.

Itu adalah berbagai aplikasi recovery data terbaik versi bahmaamu yang dapat Anda jajal. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Aplikasi Recovery Data yang Terhapus Permanen Yang Layak Dicoba"