Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek IP Address Laptop Windows 10, Linux dan Mac OS X

Cara cek IP Address laptop. Dalam artikel ini tidak membahas tentang cara mengetahui alamat IP orang lain atau hal serupa. Namun, artikel ini membahas tentang bagaimana cara cek IP Address laptop Anda di Windows 10, 8.1, dan Windows 7 (serta di Ubuntu dan Mac OS) melalui berbagai cara seperti melalui antarmuka sistem operasi, baris perintah, atau menggunakan layanan pihak ketiga secara online.

cara cek ip address laptop
Sumber: Youtube.com

Di dalam panduan ini, saya akan menjelaskan dengan rinci cara untuk melihat alamat IP internal (di jaringan lokal router atau jaringan penyedia layanan internet Anda) dan alamat IP eksternal komputer atau laptop Anda di Internet, serta menjelaskan perbedaan antara keduanya.

Panduan Lengkap Cara Cek IP Address Laptop (Windows, Linux, dan Mac OS)

Cara mudah mengetahui alamat IP di Windows (dan Batasannya)

  • Langkah pertama cara cara cek ip address laptop adalah menggunakan cara mudah untuk versi Windows 10 terbaru, dan kemudian menggunakan cara untuk versi OS sebelumnya (cara-cara ini masih berlaku untuk Windows 10): 
  • cukup pergi ke Start - Settings - Network & Internet. Di halaman "Status", klik pada "View Network Properties", di mana alamat IP koneksi akan ditampilkan. 
  • Perhatikan hanya koneksi yang statusnya "Terhubung". Jangan lupa bahwa jika terhubung melalui router Wi-Fi, alamat IP internal akan terlihat di sana, dan akan dijelaskan lebih lanjut nanti.
  • Sekarang, untuk versi sistem operasi sebelumnya. Salah satu cara cek IP Address laptop paling mudah bagi pengguna pemula di Windows 7 dan Windows 8.1 adalah dengan melihat properti koneksi internet aktif hanya dalam beberapa kali klik. Ini caranya (cara yang sama juga bisa dilakukan melalui command prompt dan akan dijelaskan lebih lanjut di akhir artikel):
  • Klik kanan pada ikon koneksi di area notifikasi di sudut kanan bawah, lalu klik "Network and Sharing Center" (sedikit berbeda di Windows 10).
  • Di Pusat Jaringan dan Berbagi, pada menu di sisi kanan, pilih "Change network card settings".
  • Klik kanan pada koneksi internet Anda (harus aktif) dan pilih "Status" dari menu konteks, lalu pada jendela yang muncul klik tombol "Detail...".
  • Informasi tentang alamat koneksi saat ini akan ditampilkan, termasuk alamat IP komputer di jaringan (lihat kolom Alamat IPv4)

Salah satu kelemahan metode ini adalah ketika terhubung ke internet melalui router Wi-Fi, alamat IP internal yang diberikan oleh router (biasanya dimulai dengan 192) akan muncul di kolom tersebut, padahal yang dibutuhkan adalah alamat IP eksternal komputer atau laptop di jaringan internet.

Cara Cek IP Address Laptop di IPSAYA

Banyak orang yang tidak tahu kalau alamat IP mereka dapat ditemukan di IPSAYA dengan mudah. Cara melakukannya adalah dengan mengklik "Cek IP Saya" pada beberapa opsi yang ditampilkan. Hasil pertama akan menampilkan alamat IP eksternal komputer di internet. Jika Anda mengklik "Temukan semua informasi tentang koneksi Anda", maka Anda akan mendapatkan informasi tentang wilayah (kota) di mana alamat Anda terdaftar, browser yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya. Anda juga bisa masuk ke halaman resmi IPSAYA untuk melihat informasi tentang alamat IP dan parameter koneksi lainnya, serta untuk mengukur kecepatan internet.

Bagaimana cara mengetahui alamat IP eksternal komputer di secara online?

Anda juga dapat memanfaatkan berbagai layanan lain yang memberikan informasi yang sama mengenai IP selain layanan IPSAYA yang telah disebutkan sebelumnya. Anda hanya perlu mengakses situs web mana pun yang menyediakan informasi tersebut, dan ini tentunya gratis. 

Sebagai contoh, Anda bisa mengunjungi situs seperti DNS Checker atau NordVPN, dan langsung melihat informasi tentang alamat IP internet Anda, penyedia layanan, dan informasi lainnya di halaman pertama.

Cara Cek IP Address laptop internal jaringan lokal atau jaringan penyedia layanan di pengaturan router dan command prompt

Ketika menentukan alamat internal, penting untuk dicatat bahwa jika komputer Anda terhubung ke Internet melalui router atau Wi-Fi router, Anda akan mengetahui alamat IP di jaringan lokal Anda sendiri dengan menggunakan baris perintah, bukan di subnet penyedia jasa internet.

Untuk mengetahui alamat IP Anda dari penyedia jasa internet, Anda dapat masuk ke pengaturan router dan melihat informasi ini dalam status koneksi atau tabel routing. Sebagian besar penyedia jasa internet populer memiliki alamat IP internal yang dimulai dengan "10." dan tidak berakhir dengan ".1".

Untuk situasi lain, gunakan tombol Win+R pada keyboard dan ketik cmd, kemudian tekan Enter. Setelah jendela perintah terbuka, ketik perintah ipconfig /all dan perhatikan nilai alamat IPv4 untuk koneksi jaringan lokal, bukan untuk koneksi PPTP, L2TP, atau PPPoE.

Untuk menyelesaikannya, perlu dicatat bahwa panduan tentang cara cek IP Address internal di laptop untuk beberapa penyedia dapat menunjukkan bahwa itu sama dengan eksternal.

Cara cek IP Address Laptop Ubuntu Linux dan Mac OS X

Untuk berjaga-jaga, saya akan menjelaskan bagaimana cara cek IP Address laptop (internal dan eksternal) pada sistem operasi lain.

Pada Ubuntu Linux, seperti pada distribusi lainnya, Anda dapat mengetik perintah ifconfig -a di terminal untuk memperoleh informasi tentang semua koneksi aktif. Selain itu, Anda dapat mengklik ikon koneksi di Ubuntu dan memilih "Connection Information" untuk melihat data alamat IP (ini hanya beberapa cara, ada juga cara lain seperti melalui "System Settings" - "Network").

Di Mac OS X, Anda dapat menentukan alamat internet dengan masuk ke "System Preferences" - "Network". Di sana, Anda dapat melihat alamat IP untuk setiap koneksi jaringan aktif secara terpisah tanpa kesulitan.


Bagaimana mudah bukan? Itu adalah beberapa panduan lengkap cara cek IP Address laptop yang bisa Anda ikuti. Mungkin sampai disini dulu pembahasan dari Bahmaamu, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Cek IP Address Laptop Windows 10, Linux dan Mac OS X"