Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Cek Typo Online Mudah dan Gratis

cek typo online
Sumber: youtube.com

Cek Typo Online. Nah, ada tips penting nih buat kalian, khusunya kalian yang masih berstatus siswa sampai mahasiswa dan sering sekali menyelesaikan tugas di MS Word. Kalian perlu tahu, bahwa sekarang ini kalian dapat cek typo online sendiri dengan mudah dan pastinya itu sangat penting lho.

Biar gimana pun juga, masih banyak banget kan di antara kita yang suka salah ketik tanpa sadar atau typo, dan kurang memperhatikan EYD ketika mengerjakan tugas di ms word? Nah, kalau tugas yang kita kumpulkan ke guru maupun dosen masih terdapat typo serta penulisannya kurang pas dengan kaidah EYD, maka nilai tugas kita pasti akan dikurangi nilainya deh.

Makanya, sebelum kalian kumpulin tugas kalian, ada baiknya cek dulu deh typo-nya dengan menggunakan fitur cek typo online. Dijamin, dengan begini, tugas kalian akan lebih rapih, enak dibaca, dan tentunya bakal dapat nilai yang lebih tinggi. Yuk, coba deh praktikkan tips ini!

Cara Cek Typo Online

Kalau Kamu lagi nggak mood buat baca-baca ulang tulisan yang udah kamu ketik, Tenang, sekarang sudah ada solusinya, yaitu menggunakan cek typo  online lewat berbagai website terpercaya. Caranya simpel banget, kamu cuma perlu meng-upload file maupun meng-copy tulisan ke situs tersebut dan voila, selesai deh!

Nggak cuma itu aja, dengan website cek typo dan EYD ini, kamu juga bisa dapatkan berbagai kemudahan lho. Satu diantaranya yaitu kamu nggak harus lagi repot untuk  membaca kembali tugas akhir. Hemat waktu banget kan?

Jadi, buat kamu yang masih belum begitu paham tentang EYD serta pengaplikasiannya, nggak usah khawatir, kamu dapat memakai berbagai website cek penulisan secara online ini, untuk memeriksa dan sekaligus belajar tentang penulisan yang benar. Yuk, cobain!

Daftar Website Cek Typo Online

cek typo onlineSumber: youtube.com

Kamu nggak sendiri, kok, kalau merasa kesulitan dalam membuat tulisan yang sempurna. Meski kamu sudah merasa tulisanmu bagus, kadang-kadang tetap aja tanpa disadari ada tulisan yang salah dan EYD-nya kurang pas pastinya bikin risihkan?

Tenang aja, sekarang udah ada solusinya, yaitu dengan cara lakukan cek typo secara online lewat berbagai website yang kami rekomendasikan di artikel ini. Dijamin deh, dengan begini, tulisanmu akan lebih sempurna dan terhindar dari typo dan EYD yang kurang pas. Yuk, dicoba!

1. Situs Typoonline

Kamu tahu nggak sih, kalau ada website cek typo online buatan anak negeri lho! website ini bisa memeriksa kesalahan pada penulisan dengan cepat. Yup, namanya Typoonline.com!

Mantap kan? Penggunaannya juga gampang banget, cuma harus menyalin kemudian menempel tulisan yang mau dicek penulisannya. Nah, nggak cuma itu aja, website ini pun punya berbagai fitur unik dan canggih yang dapat kamu gunakan.

  • Fitur pertama ada "cari arti kata" buat memeriksa arti atau maksud dari kalimat yang ejaannya masih bikin kamu ragu.
  • Kedua, ada fitur "tulis teks" yang dapat kalian pakai untuk memeriksa kata yang udah dimasukin dengan menyorot berbagai kata yang penulisannya masih kurang benar.
  • Fitur ketiga ada "upload dokumen" yang berfungsi untuk memeriksa typo yang ada pada dokumen.
  • Fitur terakhir yaitu  "Input link situs" yang berfungsi sebagai tools pengecekan teks yang terdapat di website tertentu, caranya dengan masukan link tersebut ke kolom yang disediakan. Keren banget kan? Yuk, cobain sekarang juga!

2. Website Typograp

Sobatku, ada juga satu website canggih yang dapat membantu kamu untuk cek typo online, namanya yaitu typograp. Gak perlu khawatir soal biaya, sebab website ini bisa kamu gunakan secara cuma cuma alias gratis, ditambah penggunaannya juga sangat mudah.

Selain sebagai tempat cek typo, website ini pun punya perpustakaan kata baku yang terbilang komplit, jadi kamu tak perlu khawatir soal keamanan datamu.

Yang bikin website ini semakin keren yaitu kamu tak perlu buat akun duhulu untuk menggunakan fasilitasnya. Adapun fitur article rewrite yang bisa memudahkan kamu untuk membuat penulisan ulang pada artikel. Jadi pas banget nih buat kamu yang lagi sibuk dengan berbagai tugas baik disekolah maupun kuliah.

Yuk, segera cek kecepatan jari kamu dalam mengetik di situs typograp ini!

3. Situs KBBI kemdikbud

Wah, website satu ini sudah pasti benar dan sangat akurat, sebab situs ini dikelola dan dibuat oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. bukan cuma itu saja, situsnya pun diawasi sama Kemdikbud lho!

Dengan website  kkbi ini, kamu dapat melakukan pemeriksaan teks secara online dan bisa menjadi referensi yang paling akurat dalam pengecekan penulisan EYD pada dokumenmu. Akan tetapi kekurangannya adalah, kamu nggak bisa memeriksa secara keseluruhan pada teks dalam website yang satu ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Buruan cek website kkbi kemdikbud sekarang juga!

4. Situs Ejaan

Ada lagi nih satu website ciamik namanya ejaan.id yang menyediakan fitur keren buat memeriksa kalimat atau kata yang penulisaannya tidak sesuai dengan aturan EYD. Asyiknya, bukan cuma bisa menandai teks yang kurang benar saja, situs ini pun memberi informasi kalimat atau kata yang seharusnya digunakan.

Cuma ya, sayang banget sih website yang satu ini nggak bisa dipakai buat meng-upload dokumen. Jadi untuk cek typo online melalui website ini, kamu cuma bisa pakai metode copy-paste saja.

Tapi tetep oke banget lah, gaes! Yuk cobain ejaan.id buat ngasah kemampuan ejaan kamu!

5. Microsot Office Onlien

Nah terakhir, buat kamu yang suka menggunakan Microsoft Office, dapat memeriksa penulisan langsung melalui aplikasi ini loh. Gimana caranya? Kamu tinggal unduh saja “Language Accessory Pack” dan sesuaikan dengan jenis laptop yang kamu gunakan.

Melalui fitur ini, kamu dapat memeriksa kalimat atau kata baku, EYD, serta ejaan secara cuma cuma alias gratis dan penggunaannya pun sangat mudah. Jadi tak usah repot lagi untuk buka website lain. Asyik banget kan?

Yuk, buruan unduh “Language Accessory Pack” dan tingkatkan kemampuan mengetik dan ejaan kamu!

Itulah berbagai referensu website cek typo online yang super mudah untuk kalian gunakan semua! Dengan menggunakan website-website tersebut, revisi maupun pengurangan nilai pasti bisa dihindari sangat cocok untuk kalian yang masih berstatus sebagai siswa maupun mahasiswa.

Jadi, pastikan kamu selalu waspada dan teliti saat mengetik ya! Ayo, kita jaga kualitas tulisan kita dan hindari typo sebisa mungkin!

Post a Comment for "5 Cara Cek Typo Online Mudah dan Gratis"