Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gampang Banget! Inilah Cara Buat Flowchart di Word Dengan Cepat

Cara Buat Flowchart di WordSumber: youtube.com

Cara Buat Flowchart di Word. Diagram alir, flowchart, atau diagram aktivitas merupakan gambaran grafis dari algoritma atau proses. Biasanya digunakan dalam berbagai disiplin ilmu seperti pemrograman, ekonomi, proses industri, dan psikologi, serta merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan ide baru dalam sebuah presentasi.

Microsoft Office menyediakan beberapa alat baru yang menarik untuk membuat diagram alir visual yang dapat digunakan dalam Excel, Word, atau PowerPoint. Nah, di sini kita akan melihat cara buat flowchart di word dengan mudah yang bikin tampilan dokumenmu makin keren!

Kalau kamu butuh jelasin detail dan gambarin langkah-langkah tugas, prosedur, atau operasi resmi, nih, pake diagram alir aja! Tapi, seringkali orang bingung cari opsi di Word yang bisa bantu bikin diagram alir yang keren buat keperluan resmi. Nah, tenang aja! Artikel ini bakal kasih panduan lengkap langkah demi langkah cara buat flowchart di Word, biar kamu bisa jago bikin diagram alir yang keren!

Nah, jadi apa sih sebenernya flowchart?

Gampangnya, Diagram Alir itu tuh kayak grafik yang digunakan buat nunjukin suatu proses, sistem, atau cara kerja. Banyak banget bidang yang pake ini buat dokumentasi, soalnya bisa bantu kita lihat gambaran keseluruhan proses dengan cepet.

Di dalam Diagram Alir ini, kita pake berbagai macem bentuk buat ngejelasin setiap langkah yang ada dalam alirannya. Jangan sembarangan, setiap bentuk punya fungsinya sendiri.

Yang seru lagi, jenis diagram ini dipake secara universal loh. Jadi, kalo kita standarkan penggunaan bentuk-bentuknya, pasti diagram alir kita dalam Word bisa dimengerti di seluruh dunia. Walaupun namanya bisa beda-beda, misalnya:

  • Diagram alir fungsional
  • Peta proses
  • Diagram alir proses
  • Aliran proses
  • BPMN - Notasi dan pemodelan proses bisnis
  • Aliran data

Sebelum mulai bagaimana cara buat flowchart di Word, saran saya sih bikin sketsa dulu di kertas biar ruang kerjanya teratur ya!

Bagaimana cara membuat flowchart di Word

Cara Buat Flowchart di WordSumber: youtube.com

Disarankan untuk membuat semua diagram dan grafik di halaman kosong terlebih dahulu, lalu memposisikannya di dokumenmu setelah selesai. Hal ini akan menghindari kesalahan format atau pergeseran elemen di dokumenmu. Di Word, kamu memiliki dua opsi untuk mulai menambahkan bentuk atau objek dalam diagram alirmu.

Kamu bisa memilih untuk menggunakan grafik pintar (SmartArt) atau menyisipkan bentuk satu per satu untuk membentuk diagrammu. Alat bentuk terakhir ini menawarkan seleksi objek dasar yang dapat di sisipkan dan diedit dalam dokumen.

Metode 1. Membuat Flowchart di Word Tambahkan Bentuk atau Gambar

Grafik SmartArt dapat sangat berguna dan cepat dibuat, tetapi mungkin memiliki keterbatasan atau tidak memberikan kebebasan untuk mengubahnya sesuai keinginan (setiap grafik berbeda). Jadi, bagaimana cara buat flowchart dengan bentuk dan gambar di Word?

Tapi, jangan khawatir, pilihan di Word nggak cuma itu doang, lho! Kamu bisa bebas bereksperimen bikin diagram alir dengan desain yang kamu suka.

Dalam hal ini, kamu dapat membuat grafik atau diagram aliran kamu sendiri di Word menggunakan alat Gambar atau Bentuk. Anda dapat menemukannya di tab Sisipkan > Ilustrasi > Bentuk.

Yuk, kita mulai membuat diagram alir yang keren!

  • Langkah 1. Pertama, klik tombol "Sisipkan" dan pilih opsi "Bentuk".
  • Langkah 2. Selanjutnya, pilih bentuk yang paling pas untuk diagram alirmu dari menu dropdown di bagian "Diagram Alir".
  • Langkah 3. Klik pada daftar "Bentuk" dan pilih salah satu konektor garis dari grup "Garis" untuk menghubungkan bentuk-bentuk tersebut.
  • Langkah 4. Lanjutkan dengan menambahkan teks di dalam bentuk-bentuk tersebut sesuai kebutuhanmu. Kamu juga bisa mengubah gaya bentuknya dengan mengklik opsi "Format". Asyik, kan?

Metode 2 Cara Buat Flowchart di Word Menggunakan SmartArt

Grafik SmartArt adalah serangkaian diagram yang sudah didesain sebelumnya dan bisa diedit langsung di dalam Word.

Kamu bisa temukan mereka dari tab Sisipkan > Ilustrasi > SmartArt. Ada beberapa kategori di mana kamu bisa cari yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Setelah kamu temukan grafik yang cocok, klik di atasnya dan akan muncul pratinjau diagram alir di panel sebelah kanan, beserta penjelasan logikanya.

Misalnya: Diagram Gigi

Dalam grafik ini, kamu bisa lihat bahwa saat memilih diagram, akan muncul jendela di sebelah kiri di mana kamu harus memasukkan teks yang diinginkan. Disarankan untuk menggunakan jendela tersebut untuk menambahkan item atau membuat perubahan apapun.

Kamu bisa menambahkan subelemen dalam baris baru dengan tombol TAB. Saat kamu melakukannya, akan muncul petunjuk dalam jendela yang bisa membantu kamu memahami lebih lanjut tentang diagram yang sedang kamu gunakan.

Terakhir, kamu bisa mengedit warna dan gaya diagram alir kamu (meskipun ini bukan diagram alir) dan menyesuaikannya sesuai dengan keinginanmu. Saat menjelajahi berbagai grafik, kamu akan menemui batasan-batasan tertentu pada masing-masing, seperti jumlah elemen yang bisa dimasukkan atau tingkat personalisasi.

Akhirkata

Seperti halnya dengan SmartArt, kamu dapat mengedit warna, tipografi, ukuran, dan lainnya, tetapi dengan sedikit lebih banyak kebebasan.

Kamu juga dapat menggunakan alat lain seperti PowerPoint atau Lucidchart untuk membuat diagram aliran kamu, dan kemudian menyisipkannya atau menempelkannya di Word.

Di kedua kasus tersebut, kamu akan menemukan metode yang lebih sesuai untuk cara buat flowchart di word versi kamu sendiri. jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Bahmaamu.com.

Post a Comment for "Gampang Banget! Inilah Cara Buat Flowchart di Word Dengan Cepat"