Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Tahu! Inilah Cara Reset HP Redmi 5A Lengkap

cara reset hp redmi 5aSumber: youtube.com

Cara Reset HP Redmi 5A. Pada artikel kali ini mimin mau share tentang tips dan trik cara reset HP Redmi 5A yang baik dan benar. Selain itu di artikel ini juga nantinya akan membahas seputar reset pabrik dan Hard Reset itu makasudnya seperti apa. Berikut adalah ulasannya.

Apa sih Reset HP itu?

 Sebenarnya apa sih reset hp itu? Jadi secara garis besar hard reset ataupun reset pabrik sebenarnya bisa dibilang suatu proses untuk mengembalikan ke setelan awal hp. Maksudnya kita menghapus semua data-data serta aplikasi yang ada di perangkat kita, jadi semua data dan aplikasi di perangkat kita bakalan Dihapus semuanya dan bakalan dibalikin ke setingan default dan aplikasi-aplikasi default alias aplikasi bawaan. 

Lebih simpelnya pengatura bawaan awal dari pabrik. Nah kenapa harus reset pabrik? Bisa dibilang reset HP ini penting ya temen-temen, sama seperti pemeliharaan,  misalkan perangkat temen-temen memorinya kepenuhan tapi tidak bisa menghapus data ini bisa dilakukan reset pabrik, atau misalnya hp temen-temen lupa pola dan sandi bisa dilakukan hard reset.

Manfaat Reset Pabrik

cara reset hp redmi 5ASumber: Youtube.com

Sebenarnya manfaat dari reset hp ini ada banyak, menurut mimin setidaknya ada 4 manfaat utama yaitu: 

yang pertama itu adalah menghindari bug yang ada di versi sebelumnya. Jadi kalau misalkan temen-temen udah update ke versi terbaru, sebagai contoh ke Xiaomi 12 ini kan baru update, jadi alangkah baiknya kita lakuin reset pabrik tujuannya agar bug yang ada di Miu 11 itu enggak ikut ke Miu ke-12. jadi Miu 12 kalian bisa terbebas dari bug. 

Manfaat yang kedua adalah untuk menghilangkan bug yang ada di HP kita. Jadi kalau misalkan temen-temen ngerasain ada bug di HP temen-temen, kalian bisa langsung ngelakuin reset. Tapi kalau misalkan bug ini parah, contohnya jadi reset sendiri, tiba-tiba Masuk ke Facebook, atau masuk ke recovery mode, temen-temen bisa lakukan reset. Sebab dengan mereset ini bagian dari cara menghilangkan bug. Tapi kalau misalkan tidak kembali normal juga, mungkin itu dari hardware nya dan temen temen bisa claim garansi saja kalau hp kalian masih ada garansinya. 

Manfaat yang ketiga adalah menghindari penyimpanan mulai penuh. Mimin sendiri pernah mengalami hal ini di hp Redmi 9. Hp tersebut sudah mulai penuh untuk menyimpan data, maka dari itu mimin lakuin reset pabrik daripada nanti ke depannya bikin bahaya HP kita. Sebab  kalau misalkan memori hp kita keseringan penuh nanti bakalan bahaya untuk kedepannya, bisa jadi nanti untuk transfer datanya atau membaca datanya itu bakalan lama. maka dari itu mimin saranin temen-temen kalau misalnya mengalami kondisi itu bisa langsung reset pabrik.

keempat adalah menghindari masalah teknis seperti restart sendiri Masuk ke Facebook dengan sendirinya masuk recovery mode dengan sendirinya dan lain-lain.

keempat manfaat itulah yang harus dijadikan patokan jika hp temen-temen ngalamin yang aneh-aneh.

Cara reset hp xiaomi redmi 5a 

cara reset hp redmi 5aSumber: Youtube.com

Reset Pabrik

Bagaimana cara reset HP Redmi 5A RAM 2 dengan metode reset pabrik? Nah sebelum kalian mereset atau kalian ingin setel ulang HP, mimin sarankan micro SD dan kartu SIM dicopot terlebih dahulu agar tidak ikut ke setel ulang atau hilang data-data yang penting. Dibawah ini merupakan panduan yang cukup simple yang bisa teman-teman ikuti.

  • Pertama-tama kita masuk ke pengaturan
  • Lalu kita Scroll ke bawah sampai di setelan tambahan, dan klik menu tersebut
  • Setelah itu scroll lagi kebawah sampai ke opsi cadangkan dan setel ulang lalu klik saja opsi tersebut
  • Jika sudah, akan ada banyak opsi menu lagi yang akan ditampilkan, kita pilih saja opsi "kembalikan ke setelan pabrik", 
  • Selanjutnya temen-temen akan ditampilkan 2 pemberitahuan yaitu "semua berkas ditelepon (semua berkas dan data termasuk akun, kontak, foto dan aplikasi semuanya akan hilang)" dan format kartu SD emulasi mock (semua data di kartu SD akan terhapus )", jadi mimin ingatkan sekali lagi simcard dan kartu SD di HP temen-temen disarankan dicopot terlebih dahulu agar tidak ikut hilang.
  • Lalu kita klik yang paling bawah "setel ulang telepon"
  • Nah sebelum melanjutkan ke proses berikutnya kita diharuskan menunggu selama 10 detik, disana akan ditampilkan pemberitahuan "Kembali ke setelan pabrik akan menghapus seluruh data telepon anda termasuk foto, lagu, Catatan dan data pribadi lainnya pastikan anda telah mencadangkan semua berkas penting ke komputer"
  • Setelah menunggu 10 detik langsung saja tekan tombol "Berikutnya" dan kita diharuskan untuk menunggu lagi selama 10 detik.
  • Jika sudah klik tombol OK dan kita tinggal tunggu saja pemrosesannya mungkin sekitar 10 menit nanti langsung hidup lagi ketampilan saat pertama kali kita beli hp.

Hard Reset

Tutorial selanjutnya adalah tentanh cara reset hp redmi 5a dengan metode hard reset, langsung saja temen temen bisa baca panduannya dibawah ini.

  • Pertama-tama matikan HPnya dulu
  • Setelah HPnya dimatikan tekan tombol power terus tekan juga tombol untuk besarkan volume, tekan secara bersamaan ya,
  • Jika sudah muncul tampilan recovery mode temen temen arahkan ke WP data dengan menggunakan tombol untuk mengecilkan volume, dan untuk Okenya gunakan tombol power.
  • Lalu pilih yang paling atas yaitu WP All data, Klik tombol power untuk OK
  • Selanjutnya arahkan ke bawah ke menu "Confirm" menggunakan tombol kurangi volume dan OK Klik tombol power 
  • Setelah Data Wiped sukses kembali ke main menu dan pilih reboot 
  • Jika sudah kemudian pilih yang paling atas yaitu Reboot to system dan OK
  • Selanjutnya kalian tinggal menunggu beberapa menit sampai menu pengaturan default muncul dan kalian tinggal isi semua pengaturan seperti bahasa, lokasi, syarat dan ketentuan dan lain-lain sampai pengaturan selesai.
  • Setelah selesai maka hp temen temen akan kembali ke pengaturan awal pabrik. Selesai.

Tips Reset HP 

Nah, sebelum melakukan reset pabrik di sini ada tips n triknya lagi nih biar temen-temen nggak ngalamin kendala yang aneh pas lagi 

Pertama adalah backup semua data dari mulai foto, video, musik, file-file penting dan lain-lain. Backup nya bisa ke laptop atau HP kedua atau kalau misalkan enggak punya keduanya teman-teman bisa gunakan layanan Cloud, seperti Google Drive yang menyediakan ruang gratis sebesar 15 GB ya.

Tips yang kedua adalah pastikan kuota internet kalian ready atau WiFi standby ya. untuk tips yang ke dua ini pastiin temen-temen punya kuota Atau punya koneksi internet tujuannya agar temen-temen nggak bingung untuk mendownload aplikasi-aplikasinya setelah reset pabrik. Sebab setelah reset pabrik semua aplikasi akan hilang ya, jadi temen-temen arus siapin koneksi internet buat mendownloadnya lagi.

Tips yang ketiga pastikan baterai kalian diatas 50%, jika dibawah 50% temen temen bisa sambil ngecas. tujuannya kalau misalkan temen-temen nanti pas lagi loading ke menu enggak bootloop, karena ada beberapa kejadian atau kasus yang katanya habis reset pabrik malahan bootloop.


Mungkin Cukup sekian artikel kali ini menurut teman-teman gimana mudahkan cara reset hp redmi 5a? kurang lebihnya mohon maaf jika ada kesalahan Dari artikel ini. Terima kasih sudah membaca.

Post a Comment for "Wajib Tahu! Inilah Cara Reset HP Redmi 5A Lengkap "