Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gampang Banget! Inilah Cara Cek Layar Hp Samsung Paling Mudah

Cara Cek Layar Hp Samsung. Halo guys, buat kamu yang punya Samsung, nih aku kasih tahu cara cek layarnya masih bagus apa enggak. Nggak perlu repot bawa ke tempat servis, bisa kamu cek sendiri, deh!

Jadi, permasalahan yang tidak jarang banget muncul di layar smartphone itu ada bayangan atau bisa disebut shadow. Nah, shadow ini nggak cuma nongol di layar LED aja, namun juga di teknologi layar canggih diantaranya OLED, AMOLED, dan Super AMOLED.

Cara Cek Layar Hp SamsungSumber: youtube.com

Contohnya, smartphone Samsung pada beberapa series Galaxy S, Note, atau Galaxy A pun bisa kena permasalahan ini. Jadi, buat kamu yang punya Samsung, Simak cara cek layarnya ya!

Eits, buat kamu yang udah pake ponsel canggih dengan layar Super AMOLED, jangan kaget ya kalau muncul shadow di layarnya. Tidak sedikit lho pengguna yang mengalami ini!

Tanda Layar Hp Bermasalah

Nah, biar kamu bisa cek sendiri, nih aku kasih tahu tanda dari layar yang lagi terkena shadow:

  • Warna putih jadi agak kekuningan: Kalau kamu buka layar putih, bisa aja keliatan warnanya jadi kekuningan.
  • Warna merah jadi oranye: Kalo kamu liat layar merah, bisa aja kelihatan warnanya jadi agak oranye.

Jika kamu melihat hal-hal di atas, berarti layar hp-mu lagi kena shadow nih. Kalau nggak diatasi cepet-cepet, bisa-bisa nanti layarnya jadi buram atau muncul screen burn-in yang lebih serius lagi. Jadi, harus diwaspadai, ya!

Biar nggak kejadian layar hp Samsung-mu bermasalah, sebaiknya kita kasih tahu nih cara cek layar Hp Samung yang mudah abis!

Cara Cek Layar Samsung

Cara Cek Layar SamsungSumber: youtube.com

Jadi, ada 2 cara yang bisa kalian coba buat mengecek layar HP Samsung-mu, yaitu:

  1. Mengecek Warna RGB: Nah, yang pertama, kamu bisa cek warna-warni di layarnya. Buka aja gambar yang punya warna merah, hijau, dan biru. Kalau warnanya kelihatan jelas dan nggak ada perubahan aneh, berarti layarnya masih oke!
  2. Cek Responsivitas Touchscreen: Nah, yang kedua, coba deh sentuh layarnya dari segala arah. Kalau layarnya responsif dan nggak ada lag atau ngelag, berarti touchscreen-nya masih mantap!

Melalui cara ini, kamu dapat cek kondisi layar ponsel Samsung-mu dengan mudah dan asyik. Jadi, nggak perlu panik deh kalau mau tahu kondisi layar hp-mu udah oke apa belum.

Cek Manual

Udah tahu kan tanda-tanda layar yang lagi terkena shadow dari yang udah kita bahas tadi? Nah, sekarang kita kasih tahu cara ujicoba yang bisa kamu cek sendiri!

Caranya gampang, coba ganti wallpaper hp-mu pakai gambar yang berwarna merah putih penuh. Nah, sehabis itu, perhatikan pada sebelah sisi serta pojok layarnya. Kalau muncul warna yang beda-beda, bisa jadi itu tanda-tanda layar hp-mu lagi kena shadow!

Jadi, jika kamu lihat ada perbedaan warna di sisi atau pojok layar, berarti ada kemungkinan layarnya lagi bermasalah. Makanya, harus cepet-cepet diatasi biar nggak makin parah. Jangan lupa buat cek, yuk!

Cek Layar Samsung dengan Kode

Kadang-kadang lcd yang rusak itu nggak kelihatan pakai mata telanjang, loh. Makanya, harus ada pengecekan yang lebih detail, nih.

Tapi, bagusnya tisp tiap HP Android, salah satunya Samsung, udah punya beberapa kode khusus buat memeriksa kondisi hardware-nya. Nah, kita kasih tahu nih cara cek layar hp Samsung-mu pake kode rahasia ini. Kali ini kita mau mengecek warna RGB-nya, ya.

  • Pertama, buka menu dial di hp-mu, terus ketik #0#. Sehabis itu, tekan OK. Nah, nanti layarnya akan tampikan menu untuk pengecekan warna gambar.
  • Lanjut, tekan yang Red. Layarnya bakal memunculkan warna merah. Terus, tekan Green, nantinya akan tampil warna hijau. lalu, tekan Blue, nantinya akan muncul warna biru.
  • Kalau LCD hp-mu normal, warna yang ditampilin akan sesuai dengan apa yang kamu tekan. Jadi, melalui metode ini, kamu dapat cek kondisi layar ponsel Samsung-mu dengan lebih detil.

Setelah kita tes warna tadi, berikutnya kita lanjutkan ke tes touchscreen-nya.

Caranya gampang banget, Di menu yang sama tadi, pilih tombol Touch. Maka akan tampil jendela baru dengan garis-garis di situ. Nah, kamu tinggal ikuti garis-garis itu dengan jari kamu. Kalo touchscreen-nya normal, garis-garis itu bakal berganti jadi warna hijau.

Eh, tapi tahu nggak, kode-kode itu bisa dipake buat cek sensor hp Samsung juga, lho! Jadi, kamu bisa tahu deh, apakah sensor di hp-mu masih dalam keadaan baik atau udah rusak. Praktis banget, kan? Jadi, jangan ragu buat coba beberapa kode ini di ponsel Samsung-mu ya!

Cek Layar Samsung dengan Aplikasi

Apabila hasil dari metode manual tadi masih buat kamu tidak begitu yakin, jangan khawatir! Ada kok aplikasi di Play Store yang dapat kalian coba secara gratis.

Nih, aku kasih rekomendasi aplikasi-nya, bro! Siapa tahu bisa bantu kamu lebih yakin lagi dalam cek kondisi layar hp Samsung-mu. Yuk, cek Aplikasi ini di Play Store!

Screen Test Pro

Ada nih aplikasi keren yang dapat membantumu untuk cek kondisi layar hp Samsung-mu. Namanya Screen Test Pro, dan dia punya fitur lengkap banget, lho.

Melalui aplikasi ini, Kalian bisa mengecek segala macam kerusakan layar, Seperti warna, Layar sentuh, multi touch, leak di sisi layar, sampai dapatkan info yang komplit mengenai layar smartphone-mu.

Yang bikin makin mantap, warna yang dites nggak cuma RGB saja, loh! Tapi terdapat juga beberapa warna seperti putih, hitam, dan kuning. Jadi, permasalah layar yang rusak bisa diketahui dengan sempurna. Seru kan? Yuk, langsung cek aplikasi Screen Test  di PlayStore!

Post a Comment for "Gampang Banget! Inilah Cara Cek Layar Hp Samsung Paling Mudah"