Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Unlock Bootloader Xiaomi Dari Awal sampai Akhir

cara unlock bootloader xiaomi
Sumber: Youtube.com

Cara Unlock Bootloader Xiaomi. Apakah kalian sedang mencoba mencari cara bagaimana menginstal ROM atau TWRP baru di hp Xiaomi kalian yang membutuhkan bootloader yang dinonaktifkan? Jika kalian belum tahu cara melakukannya, tidak perlu cemas, karena kami akan membagikan kepada kalian bagaimana cara unlock bootloader Xiaomi yang mudah.

Jadi tiap-tiap HP Xiaomi itu dilengkapi oleh bootloader yang masih terkunci. Ini dilakukan untuk mencegah instalasi ROM yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ponsel atau melakukan proses ROOT.

Beruntung, Xiaomi menyediakan proses yang sangat sederhana untuk unlock bootloader tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa proses ini bisa membutuhkan waktu yang lama, bahkan tidak jarang bisa berhari-hari.

Bukan cuma itu, perlu diingat juga bahwa ada beberapa resiko terkait proses tersebut. Risiko seperti mengurangi keamanan ponsel kalian serta seluruh data yang terdapat diponsel akan terhapus.

Apa sih Bootloader itu?

Bootloader merupakan pengelola booting pada ponsel yang selalu aktif sebelum sistem operasi mulai berjalan. Tugasnya adalah melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap kondisi perangkat keras. Kemudian, bootloader bertanggung jawab dalam mengatur proses yang dibutuhkan untuk memulai sistem operasi.

Bagaimana sih cara unlock bootloader pada HP Xiaomi?

Sebelum kita membahas dan belajar bagaimana cara unlock bootloader Xiaomi, terhadap hal-hal yang mesti diperhatikan. Hal ini bisa memudahkan kita untuk berhasil dalam proses unlock serta juga bisa mencegah kemungkinan masalah lain  yang mungkin muncul.

Persyaratan dasar unlock bootloader Xiaomi:

  • Siapkan komputer dengan OS Windows, idealnya sih versi yang paling teranyar.
  • Download tool "Mi Unlock" dari Xiaomi di Windows.
  • Siapkan juga USB cable

Persiapan unlock bootloader Xiaomi:

Setelah memenuhi persyaratan dasar, kita akan mulai mempelajari bagaimana sih cara unlock bootloader hp Xiaomi.

  • Pertama yang perlu kalian lakukan menghubungkan akun Xiaomi pribadi kalian ke hp. Untuk melakukannya, caranya seperti dibawah ini.
  • Buka menu "setting atau Pengaturan".Pilih "Akun Saya".
  • Isi formulir dengan informasi akun Xiaomi milik kalian. Dengan begini kalian bisa mengajukan permintaan kepada Xiaomi untuk unlock bootloader.
  • Jika sudah, kembali ke menu "setting atau Pengaturan" lalu pilih "about phonee". Aktifkan mode pengembang dengan mengetuk tiga kali di opsi  MIU versionI". Kalian nanti akan mendapatkan notifikasi bertuliskan "Anda sekarang menjadi pengembang!".
  • Setelah itu, kembali ke menu "settingan", scroll ke menu "Pengaturan Tambahan"lalu pilih "Opsi Pengembang", dan aktifkan "OEM Unlock" serta "Debugging USB".
  • Di dalam menu yang sama, kalian harus menambahkan account Xiaomi milik kalian ke Mi Unlock.
  • Dengan begitu, kalian akan bisa mengajukan permohonan untuk unlock bootloader lewat aplikasi.

Untuk langkah selanjutnya disarankan kalian mem-backup terlebih dahulu data pada ponsel kalian. Sebab ketika kalian lakukan unlock bootloader, ponsel akan diformat dan akan berubah ke pengaturan awal kembali atau default-nya.

Langkah unlock Bootloader Xiaomi

Setelah melakukan langkah sebelumnya, saatnya kita akan lihat bagaimana cara unlock bootloader Xiaomi. langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Nonaktifkan ponsel kalian lalu masuk ke Fastboot dengan cara tekan tombol "Volume Bawah" dan "Power".
  • Ambil USB kemudian sambungkan ponsel kalian ke komputer. Windows akan membutuhkan waktu untuk mengenali ponsel dan memasang driver yang diperlukan.
  • Kalian akan ditampilkan tombol "Unlock" berubah menjadi warna hijau. Tekan tombol tersebut untuk melanjutkan.

Setelah selesai mempelajari cara membuka kunci bootloader Xiaomi, ada dua situasi yang bisa terjadi.

  1. Jika muncul pesan error, pastikan Anda telah menjalani proses dengan benar dan coba ikuti panduan cara unlock bootloader Xiaomi kembali.
  2. Jika di komputer menampilkan jumlah jam yang dibutuhkan untuk proses unlock bootloader, itu berarti proses tersebut sudah berhasil dilakukan.

Apabila kalian mengalami kasus kedua, yang harus dilakukan hanyalah menunggu. Biasanya proses ini membutuhkan waktu 7 hari (168 jam) untuk selesai. Selama menunggu, kalian bisa memakai HP seperti biasa.

Untuk keluar dari mode Fastboot, cukup tekan tombol "Power" selama sekitar 10 detik sampai ponsel kalian merestart secara normal. Disarankan untuk tidak menggunakan aplikasi pembersih sistem selama 168 jam menunggu.

Jika kalian cache aplikasi tersebut akan terhapus dan periode 7 hari untuk menonaktifkan bootloader akan diulang. Jika batas waktu sudah selesai, kalian bisa lanjutkan untuk menyelesaikan proses unlock. Maka dari itu, kalian perlu menyambungkan smartphone ke komputer lagi dan membuka aplikasi Mi Unlock. Terakhir, tekan "Unlock" lagi.

Panduan Untuk mengunci bootloader

Apabila suatu saat kalian ingin mengunci lagi bootloadernya, kalian bisa melakukannya dengan sangat mudah. Yang harus kalian perbuat hanyalah melakukan flashing ROM MIUI Resmi versi teranyar.

Setelah kalian sudah mengerti bagaimana cara unlock bootloader Xiaomi, kalian mungkin akan sedikit terkejut karena menyadri  jika hal itu sangat mudah dilakukan, kapan pun kalian membutuhkannya. Hanya perlu kalian ingat saja, agar selalu mengambil langkah yang dibutuhkan supaya terhindar dari kerusakan potensial pada ponsel yang kalian miliki.

Post a Comment for "Panduan Lengkap Cara Unlock Bootloader Xiaomi Dari Awal sampai Akhir"